Monday, December 29, 2008

Bisnis = Mulai dari sebuah GAGASAN

Banyak kejadian yang menunjukkan orang cenderung memulai bisnis atau usaha karena mengikuti trend. Misal bikin usaha bazar, warung tenda, atau membuka usaha di mall. Umumnya, mereka beranggapan bahwa usaha yang diminati banyak orang akan laris manis dan menguntungkan. Pola pikir semacam ini adalah salah ( ini menurut saya .. jika punya anggapan lain it's not problem). Sebab, trend bisnis tidak sama dengan trend mode. Bila anda berusaha di lahan yang sudah sesak dan dilakukan dengan penuh persaingan, akan sulit untuk berkembang. Untuk itu budaya ikuti trend harus "dihilangkan".

Mulailah dengan sebuah ide ... !! untuk itu ada beberapa landasan menurut saya yakni :

Melatih diri untuk cermat mencari peluang. Suatu bisnis akan tumbuh karena adanya kemauan untuk melakukannya. Jadi produkapapun yang akan anda jadikan bisnis, kuasailah pasar tersebut dan jangan sia-siakan peluang yang ada dihadapan anda ! Sebab seorang pengusaha sukses adalah karena kemampuannya mengantisipasi peluang yang ada di depannya.

Melatih pikiran untuk mendapatkan ide. Sumber ide bisa didapat dari lingkungan pekerjaan anda, didapat dari hobi dan suatu pertemuan2 yang tanpa disadari dengan orang lain. Ide tidak akan datang dengan sendirinya, Ide harus dikejar, harus anda pikirkan dan anda cari.

Rajin mengikuti perkembangan disekeliling. Anda harus bisa mencari peluang yang ada disekitar anda dan jangan lupa untuk terus mengamati perubahan dan cepatlah kuasai sebelum orang lain menguasai dan melakukannya.

Bisa mengisi atau mengantisipasi kebutuhan pasar akan sebuah produk baru yang belum ada. Anda harus bisa mengikuti perkembangan dunia mengenai produk, jasa dan bentuk apapun, sehingga anda menjadi orang pertama yang memulai bisnis ini.

Yakin bahwa andalah yang terbaik. Walaupun orang lain mengikuti bisnis anda, usahakan anda memikirkan sesuatu yang spesial yang tidak ada pada produkorang lain sehingga produk yang anda tawarkan memiliki sesuatu yang berbeda.

No comments: