Kunci sukses dari seorang pengusaha dapat dilihat dari kemampuannya. semakin lama ia bermain dalam mengelola bisnis, akan membuat dirinya mampu menangkap sinyal yang ada di sekelilingnya sebagai peringatan awal.
karena itu seorang pengusaha harus memiliki sense, interpretation, decision, dan action sehingga ia bisa.
1. Peka terhadap apa yang diinginkan pasar.(sensivitas)
Cermati apa yang dimaui pasar, apakah ada tuntutan-tuntutan baru dari pelanggan atau konsumen anda. Untuk
menangkap keinginan pasar anda harus memiliki kepekaan yang tinggi (sensivitas), buka mata
dan telinga lebar-lebar. JIka anda sudah tau apa yang diinginkan pasar sehingga anda bisa mengubah masalah
menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.
2. Memandang kompetitor sebagai tantangan untuk memotivasi anda.
Dalam menjalankan bisnis, masalah kompetitor pada awal menjalankan usaha akan membuat anda stress
tetapi jika anda bisa melihat kehadiran kompetiror sebagai tantangan yang memotivasi diri anda untuk
melakukan yang terbaik. Kehadiran kompetitor akan mendorong anda untuk lebih maju. Langkah efektif untuk menghadapi kompetitor adalah :
2.1 Catat siapa sajakah pesaing bisnis anda.
2.2 Hindari mengeluarkan bisnis dengan produk yang sama dengan pesaing anda.
3. Melakukan analisis
lakukan analisis mengenai apa alasan pelanggan anda, apa ada nilai tambah dari produk mereka dibandingkan produk anda.
Cara sederhana untuk menganalisis awal ke soal target pasar yang dibidik (dengan teori marketing).
Amati ulang apa saja kelebihan dan kelemahan produk anda dan terus bandingkan.
4. Melakukan Uji coba membuat langkah baru untuk perbaikan langkah usaha anda.
Buat solusi sebagai alternatif untuk mengantisipasi kompetitor. Kita harus Menyadari bahwa kita tidak bisa menghindari kompetisi.
Karena itulah lakukan persaingan yang sehat. Tanpa kompetisi anda bisa terlena. Namun jika sulit menghadapi persaingan, coba kerjasama strategis dengan mereka.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment